MAKALAH SEJARAH PERUSAHAAN DIBIDANG TEKNOLOGI INFORMASI II PT. VIVO COMMUNICATIONS INDONESIA

SEJARAH PERUSAHAAN BIDANG

 TEKNOLOGI INFORMASI

 

 

 



 

 

DISUSUN OLEH

NAMA                                   : AHMAD ZAINUR ROFIKIN

JURUSAN                             :TEKNIK INFORMATIKA

NIM                                        : 1121100089

DOSEN PENGAMPU         : IMAN SAUFIK S, M.Kom

 

 

 

 

UNIVERSITAS SAINS DAN TEKNOLOGI

KOMPUTER SEMARANG

2021

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

 Puji dan syukur kepada ALLAH SWT yang telah memberikan segala kesempatan dan kemudahan sehingga makalah ini dapat terselesaikan walaupun masih banyak kekurangan dari berbagai segi. Shalawat dan salam kepada junjungan Nabi Muhammad SAW yang telah merubah budaya adat dan tingkah laku yang konservatif serta tercela kedunia yang penuh norma toleran, mulia dan modern

            Berikut ini, penulis mengucapkan penghormatan kepada dosen pengampu dalam program studi ‘’Pengantar Teknologi Informasi” yaitu bapak Iman Saufik S, M.Kom yang membimbing dalam proses belajar. Dan makalah ini penulis akan membahas tentang perusahaan yang bergerak dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu “PT. Vivo Communication Indonesia”.Dalam judul “Sejarah Perusahaan Bidang Teknologi Informasi”.

            Penulis menyadari bahwa makalah ini masih banyak terdapat kekurangan baik segi penulisan maupun kutipan,untuk itu segala kritikan dan saran yang bersifat membangun akan penulis terima dengan senang hati.

 

Wassalamu’alaikum wr.wb

Penulis


(ahmad zainur rofikin)


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

HALAMAN JUDUL             .............................................................................1

KATA PENGANTAR           .............................................................................2

DAFTAR ISI                          ............................................................................3

BAB I PENDAHULUAN

A.Latar Belakang                                .......................................................................4

B.   Rumusan Masalah                        .......................................................................5

C. Tujuan Pembelajaran                       .......................................................................5

BAB II PEMBAHASAN

A.    Sejarah Masuknya Perusahaan                                          ...................................6

B.    Kulitas Produk Perusahaan                                               ...................................7

C.    Strategi Pemasaran Perusahaan                                         ..................................10

D.    Cara Perusahaan Mengsejahterakan Karyawan                ..................................13

BAB III PENUTUP

A.    Kesimpulan                       ..................................................................................15

B.     Saran                                 ..................................................................................15

      DAFTAR PUSTAKA        ……….....................................................................16



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.     Latar Belakang

 

PT. Vivo Communication Indonesia(Vivo) adalah perusahaan yang bergerak dibidang Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan produksi utamanya smartphone serta perlengkapan aksesorisnya yang salah satu pabriknya berada di cikupa, tanggerang Banten, Indonesia.

            PT. Vivo Communication Indonesia (Vivo) menghasilkan salah satu Brand smartphone terkemuka di Indonesia yang produksi pusatnya berasal dari Dongguan, China.Ponsel pintar ini sangat familiar dikalangan masyarakat Indonesia karena menggunakan Teknologi yang tidak kalah saing dengan Brand smartphone ternama lainya, sehingga menjadikan smartphone ini menguasai pangsa pasar  sebesar 25 % di Indonesia pada tahun 2020.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B.  RUMUSAN MASALAH

            Rumusan masalah dalam makalah ini adalah :

 

1.      Bagaimana sejarah PT. Vivo Communication Indonesia masuk ke Indonesia ?

2.      Bagaimana PT. Vivo Communication Indonesia menjamin mutu kualitas produknya ?

3.      Apa Strategi pemasaran PT. Vivo Communication Indonesia?

4.      Bagaimana cara PT. Vivo Communication Indonesia mengsejahterakan karyawanya di Indonesia ?

 

C.  TUJUAN PENULISAN

            Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah :

1.      Mengetahui sejarah  PT. Vivo Communication Indonesia masuk ke Indonesia

2.      Mengetahui PT. Vivo Communication Indonesia menjamin mutu kualitas produknya

3.      Mengetahui  Apa Strategi pemasaran PT. Vivo Communication Indonesia

4.      Mengetahui  cara PT. Vivo Communication Indonesia mensejahterakan karyawanya di Indonesia


 

BAB II

PEMBAHASAN

 

A.   AWAL MASUKNYA PERUSAHAAN

PT. Vivo Communication Indonesia adalah perusahaan teknologi Cina yang dimiliki oleh BBK Electronics yang mendesain dan memproduksi smartphone dan aksesorisnya di Cina, perangkat lunak dan layanan online.
Perusahaan ini mengembangkan software untuk ponselnya, didistribusikan melalui App Store vivo-nya, dengan iManager yang masuk dalam sistem operasi berbasis Android milik mereka, Funtouch OS.

Vivo didirikan pada 2009, di Dongguan, Cina, dan dinamai dari kata kata Esperanto yang berarti "kehidupan". Pada kuartal pertama 2015, vivo masuk dalam 10 pembuat smartphone teratas, mencapai pangsa pasar global sebesar 2,7%.

Sejak didirikan pada tahun 2009, vivo telah berkembang ke lebih dari 100 negara di seluruh dunia.Ekspansi internasional dimulai pada 2014, ketika perusahaan memasuki pasar Thailand.Vivo dengan cepat menindaklanjuti peluncuran di India, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

Juni 2015 menjadi momen bersejarah bagi vivo, sebab untuk pertama kalinya vivo resmi meluncurkan produknya di Indonesia yaitu vivo X5 Pro yang mengusung keunggulan pada fitur kamera dan audio. Kemudian vivo mendirikan pabrik sendiri berada di Cikupa, Tangerang, Banten Indonesia, tepatnya awal maret tahun 2016.Pabrik itu menjadi salah satu dari tiga pabrik Vivo terbesar di dunia, selain China dan India.


B.   KUALITAS PRODUK PERUSAHAAN

      Smartphone Vivo diproduksi dengan standar global bermutu tinggi.vivo memastikan setiap smartphone yang keluar dari pabrik mereka di Kawasan Industri dan Pergudangan Cikupa, Tangerang memenuhi standar keamanan dan penggunaan.

General Manager for Brand and Activation PT Vivo Mobile Indonesia Edy Kusuma mengatakan, proses produksi smartphone Vivo di pabrik Cikupa dari hulu hingga hilir melalui quality control ketat.Standar ini, lanjut Edy, diterapkan pada rangkaian smartphone Vivo di Indonesia seperti Vivo V11 Pro dan Vivo V11 maupun pada rangkaian seri Y seperti Y91 dan Y95.

    

I.         Proses Produksi Ketat dengan Pengujian Multi-level

Edy menjelaskan bahwa di area produksi Vivo di Cikupa, ada dua bagian untuk setiap lini, yakni perakitan dan pengujian.Setiap komponen yang dirakit dites mesin pengujian super canggih yang terintegrasi jaringan intranet, sehingga hasilnya dapat dilacak secara online. Baca juga: Inovasi Pemindai Sidik Jari Vivo Diganjar Penghargaan "Sistem ini memastikan bahwa hanya produk yang lolos dari pos pengujian dapat melanjutkan proses ke pos pengujian berikutnya," lanjutnya. Kemudian, sambung Edy, pada tahap pengujian terdapat uji drop test untuk semua smartphone Vivo yang telah dirakit di setiap lini produksi. Mesin uji drop test akan menjatuhkan smartphone sebanyak tiga kali untuk menguji kekompakan dan keutuhan komponen-komponen yang terpasang di dalamnya. Pengujian lainnya berupa uji konsumsi arus, audio, MMI (SIM card, infra merah, sensitivitas, tombol, sensor gravitasi, kompas), dilanjutkan dengan pengujian kamera, pengujian radio komunikasi atau jaringan (3G/4G) serta pengujian GPS dan Wi-Fi.Edy mengatakan, area pengujian lainnya dikhususkan untuk reliabilitas/keandalan smartphone (aging). Pada ruangan tersebut terdapat lima rak dengan ratusan slot yang dilengkapi charging line untuk menguji setiap smartphne yang dihasilkan dari rangkaian lini produksi. "Smartphone Vivo setelah itu menjalani uji fitur di antaranya untuk menguji kamera depan dan belakang, menguji Screen Touch ID, dan fitur-fitur lain yang disematkan di smartphone Vivo, yang merupakan tahap akhir dari serangkaian pengujian sebelum ponsel Vivo masuk dalam tahap packaging," ungkapnya. Baca juga: Vivo Hadirkan Experience Store Pertamanya di Indonesia Pada tahap packaging, Edy menjelaskan bahwa setiap smartphone Vivo akan diperiksa kembali untuk penambahan manual book, pencetakan label IMEI, pemindaian nomor IMEI, penyertaan silicon case, penimbangan, penyegelan, dan ditutup dengan penyegelan akhir. Bagi Vivo, tahapan packaging juga merupakan bagian esensial dalam proses produksi smartphone. Edy mengatakan bahwa packaging yang rapi dan material yang bagus membuktikan cara Vivo dalam menghargai sebuah inovasi produk berteknologi tinggi, yang telah dibuat melalui serangkaian proses kompleks dalam pabrik.

II.         Quality Control Lab untuk Jaga Kualitas

Untuk uji produk lebih intensif dan spesifik, Vivo juga menambahkan laboratorium pengujian khusus (QC Lab).Sampel ponsel dari masing-masing lini produksi diambil untuk melewati serangkaian pengujian lanjut. Edy menjelaskan, rangkaian pengujian tersebut antara lain pengecekan daya saat performa berat (saat beberapa aplikasi dibuka bersamaan), pengujian ketahanan suhu panas (50-75O celcius), dan suhu dingin (hingga -20 celcius), serta pengujian smartphone saat terekspos air. Selanjutnya, masih di area QC Lab, Edy mengatakan bahwa smartphone Vivo juga menjalani drop test dengan menggunakan mesin rolling yang berputar setinggi 1 meter. Mesin ini akan diputar hingga ratusan kali untuk menguji ketahanan bodi ponsel. Baca juga: Deepfield, Software di Balik Kemampuan Audio Menawan Vivo V-Series "Drop test dalam tahap ini bersifat free fall atau tanpa diatur posisi dan letak jatuhnya. Setiap melewati beberapa puluh kali pengujian drop test, ponsel selanjutnya dicek terlebih dahulu kondisinya, lalu dilanjutkan lagi untuk putaran berikutnya hingga selesai," ujarnya. Edy mengungkap bahwa tipe mesin drop test berbeda dan akan menguji ketahanan setiap sisi smartphone, yang dijatuhkan sebanyak puluhan ribu kali untuk setiap sisi.

III. Ekspansi Basis Produksi untuk Dorong TKDN

Adapun proses produksi di pabrik independen Vivo di Cikupa dilakukan dengan sangat teliti dan ketat. Hal ini merupakan upaya Vivo untuk mempertahankan kualitas produknya.Sejak berdiri pada tahun 2016, pabrik independen Vivo telah melampaui standar Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang ditetapkan pemerintah sebesar 30 persen."Pengembangan pabrik bukan hanya untuk menambah kapasitas produksi untuk permintaan domestik, lebih lanjut kami juga memproyeksikan kontribusi TKDN dapat terus ditingkatkan seiring dengan eksistensi kami di pasar smartphone Tanah Air," pungkas Edy.

 

 


 

C.   STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN

           Apa yang telah dicapai Vivo pada tahun ini menjadi evaluasi apa yang selanjutnya dapat dikembangkan serta perbaikan kedepan. Vivo Indonesia telah mempersiapkan strategi dan target yang hendak dicapai pada tahun depan di tengah persaingan ketat industri smartphone Tanah Air. Sepanjang tahun ini Vivo berhasil menorehkan catatan cukup baik tak hanya dalam pengembangan produk, tetapi juga perluasan jangkauan Vivo Store dan Vivo Service Center. Edy Kusuma, Senior Brand Director Vivo Indonesia mengatakan, apa yang telah dicapai Vivo pada tahun ini menjadi evaluasi apa yang selanjutnya dapat dikembangkan serta perbaikan kedepan. Vivo ingin memberikan lebih kepada konsumen.Riset yang semakin komprehensif dilakukan untuk lebih memahami lagi tren dan kebutuhan konsumen yang akan diimplementasikan dalam produk, inovasi, layanan, serta kolaborasi yang diharapkan perusahaan membuat Vivo semakin menjadi smartphone preferensi konsumen Indonesia,” ujarnya melalui rilis tertulis yang diterima Tirto, Kamis (26/12/2019).

Untuk produk, Vivo telah menghadirkan lebih dari 17 varian smartphone baru sepanjang 2019.Sebagai contoh, seri-seri baru seperti V15, V17 Pro, Z1 Pro, dan S1 Pro telah membawa inovasi untuk pasar smartphone di Indonesia.Keempat produk tersebut juga menyajikan penyegaran bagi portofolio Vivo dengan sejumlah teknologi dan fitur serta spesifikasi teknis yang menyertainya. Pada tahun depan, Vivo juga siap menghadirkan lebih banyak inovasi teknologi terbaru yang patut ditunggu bagi konsumen Indonesia. Mendukung consumers touchpoint multiplatform yang semakin nyaman dan mudah dijangkau, Vivo mencatatkan pembukaan ribuan store baru di berbagai daerah se-Indonesia yang melengkapi puluhan ribu Vivo Store yang telah beroperasi sebelumnya. Standarisasi Vivo Experience Store 3.0 seperti yang diimplementasikan Vivo di ITC Roxy Mas Jakarta Barat, Mall Artha Gading Jakarta Utara, dan ITC Cempaka Mas Jakarta Pusat; juga akan dihadirkan untuk lebih banyak area di Jabodetabek serta area strategis lainnya. Pada aspek purna-jual, Vivo juga semakin meningkatkan kualitas layanan Service Centers mandiri Vivo yang tersebar dari Aceh hingga Papua. Puluhan pusat layanan perbaikan baru juga telah dibuka, di antaranya di Kalimantan serta Batam. Hingga saat ini, Vivo telah didukung lebih dari 100 Service Centers di seluruh Indonesia dengan layanan 1-Hour Rapid Repair dan Service Day siap diimplementasikan lebih masif pada tahun depan. Menyambut 2020, Vivo telah melakukan sejumlah langkah yang strategis.Di sisi produksi, Vivo telah memperluas pabrik kedua di Cikupa, Tangerang, sehingga bisa mencapai kapasitas produksi lebih dari ratusan ribu unit selama tahun 2019. Pada tahun depan, Vivo menargetkan jutaan unit smartphone berbagai seri mampu diproduksi melalui kedua pabrik yang telah ada. Dengan adanya peningkatan produksi, basis produksi vivo pun akan menyerap lebih banyak tenaga kerja di tahun depan. “Selama satu tahun terakhir, Vivo telah menghadirkan serangkaian inovasi yang akan kami lanjutkan di tahun depan dengan beragam produk mulai dari kelas low-end hingga flagship, sehingga memenuhi semua segmen pasar. Di samping itu, kami akan senantiasa memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap smartphone yang andal dari sisi performa, canggih dari sisi teknologi, dan stylish dari sisi desain,” pungkas Edy.
Pasarsmartphone Indonesia menjadi medan pertarungan ketat Vivo dan Oppo. Kedua saling bergantian jadi pemimpin pasar.Sementara Samsung makin kesulitan untuk mengejar kedua ponsel China itu.Berdasarkan data Canalys, pada kuartal IV-2021, Vivo berhasil menjadi raja smartphone di Indonesia dari sisi pengiriman (shipment).Pangsa pasar Vivo mencapai 25%.Peringkat kedua ada Oppo dengan pangsa pasar 24%, seperti dikutip Kamis (11/2/2021).

 

Pada kuartal terakhir 2020, Oppo mencatatkan penurunan pertumbuhan sebesar 9% sementara Vivo stabil alias 0%.Pada kuartal III-2020, peringkat pertama adalah Oppo kemudian disusul Vivo.Peringkat selanjutnya secara berurutan adalah Xiaomi dengan pangsa pasar 15%, Realme 15% dan Samsung 14%.Hal menarik lainnya adalah Realme yang kembali berada diperingkat keempat menggeser Samsung.Pada kuartal IV-2020 pengiriman smartphone Samsung di Indonesia anjlok 45% dan berada di peringkat kelima.Padahal pada kuartal III-2020 pangsa pasar mencapai 15% dan berada di peringkat keempat dengan penurunan pertumbuhan pengiriman smartphone anjlok 34%.

 


 

D.   CARA MENGSEJAHTERAKAN KARYAWAN

                      I.   Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

vivo percaya bahwa pelatihan dan pengembangan karyawan kami adalah sangat penting. Kami menyediakan berbagai macam kursus pelatihan, jalur pengembangan karir yang baik dan ruang bagi mereka untuk meningkatkan keahlian.

                                           

                II.      Pendapatan & Kesejahteraan (Tergantung Lokasi)

Setiap tahun, vivo berpartisipasi dalam penelitian pasar gaji dan manfaat industri untuk memastikan manfaat untuk karyawan.Kami juga telah menyediakan skema bonus berorientasi pada karyawan yang memiliki semua kapasitas.Bagi karyawan yang sangat baik, kami menawarkan sistem bonus dan sistem pelatihan yang unik.

Kesejahteraan (tergantung lokasi):

·      Uang Saku Perjalanan 

·      Rekreasi dan Olahraga   

·      Subsidi Perumahan   

·      Gaji Bulanan + Bonus Tahunan + Saham/ Opsyen   

·      Pemeriksaan Fisik Gratis   

·      Asrama Karyawan   

·      Dana Team Building  

·      Uang Makan   

·      Uang Pesan

·      Hadiah Ulang Tahun & Hari libur   

·      Subsidi Karyawan Baru  

 

 

 

                   III.   Budaya Kerja

vivo adalah keluarga besar yang hangat dan ramah dengan karyawan muda. Kami fokus pada tindakan, bukan hirarki.Semua karyawan diberikan kebebasan penuh dan ruang untuk mengembangkan diri.

Ø  Budaya Perusahaan

Visi:

Untuk menjadi sebuah perusahaan global yang lebih sehat, perusahaan yang bertahan lebih lama

Nilai-nilai inti:

Tugas, Integritas, Semangat Tim, Kualitas Unggul, Belajar Terus-menerus, Inovasi, Orientasi Konsumen

Misi:

●Untuk konsumen: Menyediakan produk berkualitas dan layanan yang unggul

●Untuk karyawan: Menciptakan dan memelihara keharmonisan, lingkungan kerja saling menghormati

●Untuk Mitra Bisnis: Menciptakan satu platform kerjasama yang adil, yang saling menguntungkan

●Untuk Pemegang Saham: Menyediakan Above-Average Returns atas investasi

                IV.      Lingkungan Kerja(Tergantung Lokasi)

        Lingkungan kantor kami nyaman dengan berbagai fasilitas. Dari kafe karyawan dengan makanan lezat dan suasana yang menyenangkan, sampai lapangan basket, gym modern, ruang tenis meja dan Biliar, kami menyediakan segala kenyamanan untuk memperkaya kehidupan anda di vivo.

 


BAB III

PENUTUP

 

A.     KESIMPULAN

                  PT. Vivo Communication Indonesia adalah merupakan perusahaan Teknologi asal China yang terfokus pada produknya yaitu Smartphone merk  “VIVO” yang sangat terkenal di Indonesia, karena  menggunakan teknologi dan desain yang sangat modern sehingga mampu menguasai pasar smartphone untuk saat ini.

 

B.      SARAN

        Demikian yang dapat penulis paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya,Karena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya referensi yang ada hubungannya dengan judul ini.

                        Penulis banyak berharap kepada pembaca untuk memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis, agar penulis dapat memperbaiki makalah yang selanjutnya.Dan semoga makalah ini bisa bermanfaat.


 

DAFTAR PUSTAKA

 

https://www.sarankeuangan.com/2019/11/menguak-sejarah-vivo-perusahaan.html


https://tirto.id/smartphone-vivo-diproduksi-dengan-standar-global-bermutu-tinggi-dcfz

https://tirto.id/strategi-vivo-indonesia-hadapi-persaingan-industri-smartphone-2020-eo6y

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210211162552-37-222803/vivo-oppo-saling-sikut-kuasai-pasar-hp-ri-samsung-terpuruk              

https://www.vivo.com/id/about-vivo/empower-your-future

 


Tidak ada komentar

terimakasih atas komentar anda :)